Jumat, 24 Maret 2017

[Review] Korean Movie : Hyung /My Annoying Brother (2016)

Hyung/My Annoying Brother
Movie Poster


Annyeong chingudeul ~
Finally ~ sebagai K-popers/K-Drama lovers selama 8 tahun ini kesampean juga bikin postingan review tentang salah satu karya audio visual-nya orang Korea, meski masih dalam taraf film karena kalau review drama bakalan terlalu banyak yang diceritain. Bisa-bisa isinya spoileran semua hahahahaha xD Kali ini, mau review salah satu film yang baru rilis Desember 2016 dan berhasil naik di posisi 1 box office Korea. Ga heran sih, akting mumpuni dari 3 cast utama ditambah skenario keren yang ditulis sama scripwriter hebat Yoo Young A ( penulis skenario Wedding Dress , Miracle in Cell No.7 , dll) bisa bikin film ini tembus 3 juta penonton, kalau ga salah dalam waktu kurang dari 1 bulan. Selain itu, dari judulnya aja kita udah bisa nebak, film produksi CJE&M ini mengangkat genre Komedi-Drama-Slice of Life. Bulan Februari kemarin film ini juga tayang di layar bioskop Indonesia (CGV Blitz misalnya ~ ) tapi karena ga sempet nonton di bioskop jadinya berakhir download deh.. (Kyungsoo – yaa mianhae -__-“ )

SINOPSIS~
Doo Shikkie - Doo Youngie - Soo Hyunie


Film ini dibuka dengan kisah-nya Doo Young (Do Kyung Soo) , atlit judo yang cedera disalah satu pertandingan dan harus mengalami kebutaan total juga kehilangan semangat hidup karena satu-satunya impian yang Doo Young punya mendadak lenyap. Sejak kejadian itu, Doo Young selalu mengurung diri didalam rumah. Sesekali Soo Hyun (Park Shin Hye) , pelatih Doo Young selama menjadi atlit judo menengok Doo Young dan memastikan keadaan Doo Young dirumah. Sampai pada suatu hari  muncullah sosok Doo Shik (Jo Jung Suk ), kakak Doo Young yang kabur dari rumah selama 15 tahun, terlibat tindak kriminal penipuan dan berakhir di jeruji besi. Doo Shik yang memang punya karakter cerdik, memanfaatkan kecelakaan Doo Young dengan alasan status yatim piatu adiknya untuk segera keluar dari penjara. Oya, disini ceritanya orang tua Doo Young meninggal karena sakit setelah Doo Shik kabur dari rumah dan akhirnya mengharuskan Doo Young bertahun-tahun sebatang kara , bertahan hidup sendirian sebagai seorang atlit (miris banget kamu D.O -_-“) . Singkat cerita, pihak kepolisian mengabulkan permohonan bebas bersyarat Doo Shik asalkan Doo Shik sungguh-sungguh mau merawat Doo Young selama 1 tahun dan taraaaa.. akhirnya Doo Shik bisa kembali pulang kerumah, ketemu Doo Young yang saat itu keadaannya cukup menyedihkan. Doo Young ceritanya sehari-hari makannya cuma ramyun instan kering ga diseduh  :’(( (padahal di grup EXO dia paling jago masak kkkk *lupakan) . Kepulangan Doo Shik yang tiba-tiba setelah bertahun-tahun pergi, bukan membuat Doo Young bahagia tapi sebaliknya.. Doo Young  begitu membenci kakaknya karena mungkin Doo Shik pergi dari rumah tanpa alasan yang jelas diketahui/dimengerti Doo Young karena Doo Young saat itu masih kecil (sebelum umur 17 tahun ). Belum lagi, sifat Doo Shik setelah kembali kerumah berubah tempramental . Doo Shik tak segan selalu membuat Doo Young kesal luar biasa karena terus menerus mengganggunya dan kehadirannya dirumah sama sekali tidak membantu Doo Young. Tidak cukup sampai disitu, Doo Shik juga sempat kembali memanfaatkan kebutaan Do Young untuk keuntungannya sendiri.agar bisa hidup mewah dll. Seiring berjalannya waktu, tanpa Doo Shik sadari ia mulai simpatik dan peduli pada kondisi adiknya yang terpuruk. Belum lagi, Soo Hyun yang sedang berusaha membujuk Doo Young agar kembali bangkit mengejar mimpinya menjadi atlit judo dengan mengikuti pertandingan paralimpiade (olimpiade khusus penyandang disabilitas), namun berkali-kali ditolak Doo Young karena rasa trauma dan percaya dirinya yang sudah hilang. Dititik inilah akhinya Doo Shik turun tangan dan membantu Doo Young kembali bangkit dari keterpurukannya sekaligus berhasil membujuk Doo Young untuk ikut pertandingan paralimpiade. Bukan hanya itu, Doo Shik juga mengembalikan rasa pecaya diri Doo Young dan membuatnya kembali ceria dan membantu Doo Young agar bisa menjalani kehidupan seperti anak muda seusianya. Hubungan kakak beradik yang mulai membaik ini ternyata tidak bisa bertahan lama, keduanya harus berpisah karena suatu hal yang bisa kalian temukan jawabannya saat menonton film ini ~

REVIEW ~

“Di dalam dunia yang penuh mara-bahaya, kau menjadi jembatan paling indah..”


Seperti kebanyakan kpopers/k-drama lovers lain, aku juga salah satu orang yang ga sabar menunggu film ini tayang sejak pengumuman cast utama film Hyung. Belum lagi kita udah bisa tebak hanya dari judulnya kalau film ini akan mengangkat unsur bromance , yang mana unsur tersebut adalah unsur cerita favoritku dalam film/drama hahahaha (abis cerita persahabatan/persaudaraan-nya anak cowok tuh entah kenapa selalu menarik buat ditonton). Ga nyangka juga sih bakal ada unsur melodrama yang bikin sedih di film ini, karena aku pribadi sama sekali ga cari sinopsis atau apapun itu sebelum nonton karena takut kena spoiler.

Ketika Doo Young diajak clubbing ~ kkkk xD


Di awal cerita, kita bisa dibuat sedih karena kondisi Doo Kyung yang mendadak cedera dan Doo Shik yang ada dipenjara tapi setelahnya dibuat tertawa karena tingkah Doo Shik yang lucu sekaligus menyebalkan. Bisa-bisanya dia mulai drama nangis buaya demi kelihatan menderita biar bisa keluar dari penjara dan di salah satu scene trik air mata buaya ini juga malah nular ke Doo Young LOL. Bisa-bisanya juga tuh, Doo Shik sempat ngajak Doo Young main ke club malam hahahahahaha xD *kacau banget kalau inget . Tapi bukan film-nya Yoo Young A namanya kalau penontonnya ga dibuat sedih karena kisah pemerannya. Di pertengahan cerita , sihirnya Yoo Young A writer-nim mulai berasa.. Penonton mulai dibuat terharu dengan ketulusan Doo Shik membantu sang adik lalu keduanya yang diam-diam saling peduli satu sama lain dan penonton yang mulai dibikin nangis-nangis menuju ending cerita. Pokoknya emosi penonton berhasil ditarik ulur dan diacak-acak sepanjang cerita. Perfect deh jadi korban skenario-nya Yoo Young A writer-nim buat kedua kalinya -__-“ *tepak jidat . Dari segi cerita sebenarnya menurutku ada yang berasa kurang misal beberapa cut/ timing jump di akhir yang berharapnya bisa diceritakan sedikit lengkap juga mungkin karena… bentuk klimaks permasalahannya cukup pasaran kali ya..

Selain dari segi cerita , 3 cast utama dengan akting yang terkenal excellent hanya dengan melirik list filmography mereka selama membuat film Hyung jadi semakin kece. Karya-karya mereka yang hampir semuanya udah aku tonton membuatku cukup kaget saat aku tahu karakter mereka masing-masing di film ini. Mungkin sutradara memang sengaja meng-cast mereka, karena 3 karakter film Hyung tersebut udah jadi ciri khas kuat Park Shin Hye – D.O – Jo Jung Suk di drama-drama mereka sebelumnya. Park Shin Hye yang terkenal berakting di drama juga film semenjak kecil dan semakin booming sejak drama The Heirs berhasil membawakan karakter cewek tangguh (karakter andalan Park Shin Hye banget di berbagai drama) dengan sangat baik; pelatih judo yang sabar membimbing Doo Kyung sampai bisa kembali jadi atlit. Meskipun dalam cerita, Park Shin Hye cuma muncul di beberapa scene, tapi aktingnya berhasil jadi penengah diantara 2 cowok yang saling benci sekaligus jadi pemanis yang manis banget di film ini. Ada juga Jo Jung Suk, sosok kakak yang akting nangis dan menyebalkan tapi baik hati juga penuh kasih saying-nya ga perlu diragukan lagi karena karakternya mirip-mirip saat dia dapet peran sosok chef ganteng yang galak tapi penyayang di drama Oh My Ghost juga anchor menyebalkan tapi tulus di drama Jealousy Incarnate. Jo Jung Suk sukses memerankan karakter Doo Shik yang awalnya cuek lalu berubah peduli dan berusaha melindungi sosok adik satu-satunya. Dari dulu tuh ya, sorot matanya Jo Jung Suk itu lho.. kalau akting dapet scene sedih belum apa – apa udah pinter bikin perasaan penontonnya nyesek duluan. Yang terakhir ada maknae cast (cast termuda) di film ini.. siapa lagi kalau bukan Do Kyung Soo yang lebih dikenal sebagai D.O (member boygroup EXO). Kalau ceritain D.O , udah speechless duluan deh.. apalagi pas aku tahu dia dapet peran jadi cowok tuna netra plus yatim piatu *rasanya pengen garuk-garuk tanah sambil nangis aja di pojokan *. Masalahnya, sebagai member idol yang punya talenta akting keren dari zaman debut di web drama EXO Next Door, drama series It’s Okay That’s Love sampe film Unforgettable , D.O selalu lebih sering dapet karakter cowok menderita dan bisa bikin sedih yang nonton. Berasa pengen bilang : kamu kapan mau bahagianya sih, D.O ??????. Mungkin karena kepribadian dia udah mirip freezer kulkas dan wajah lugu nan polos minta dikasihanin-nya itu dapet banget kali ya..  (p.s : tapi update D.O di web drama terbarunya Positive Phisique dapet peran cowok yang endingnya bahagia sih, dapet karakter yang gesrek-gesrek gemesin hahaha xD ). 

Dari track record diatas, pasti udah kebayang gimana D.O bisa menghidupkan karakter Doo Young di film ini. D.O juga cakep bangeetttt, manly dan hair style-nya ala-ala anak cowok mau berangkat wajib militer xD Chemistry bromance D.O – Jo Jung Suk juga bagus banget dan ga kalah bagus sama bromance D.O bareng hyung-hyungnya di genk aktor-nya Jo In Sung xD , kalau ga bagus mana bisa bikin penontonnya sukses nangis-nangis  hahaha .. By the way, seneng juga ada 1 cameo disini, Kim Gwang Hyun yang akhirnya reunian sama Park Shin Hye setelah 1 project bareng didrama Doctors  ^^ Film Hyung ditutup pakai satu-satunya lagu yang dijadikan OST utama film ini : Don’t Worry, Dear –nya Lee Juck yang sempat booming karena drama Reply 1988  dan kali ini diremake ulang oleh D.O + Jo Jung Suk . Yaa lumayan lah ya ~ versinya D.O + Jo Jung Suk ini bisa bikin lupa sama versi aslinya yang selalu ngingetin sama sisi pahit memori drama Reply 1988 ( sorry out of topic, if you know what I mean ~ hahah LOL )
Pelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah…. Unconditional love-nya saudara dalam keluarga. Sesering apapun kita berantem  bahkan katanya saling benci, aslinya mah tetep aja saling peduli dan gak akan butuh waktu lama buat baikan lagi karena hubungan darah itu ga pernah bisa boong. Selain itu, baru tahu tuh aku.. kalau telur itu bagus buat nutrisi tanaman/bikin tanaman jadi subur kkkkkk xD . Intinya, film Hyung ini recommended banget buat yang pengen nonton film korea dengan cerita ringan tapi membekas diantara banyaknya film-film korea dengan ciri khas genre action / thriller. Jangan lupa, siapin tissue atau siapin sapu tangan buat lap air mata xD Happy watching , chingudeul ~ ^^

Doo Youngie ~
pic cr. kakaeynotes.com

Score : 9/10